Saturday 31 October 2015

Pengertian Dan Fungsi BSC,MSC,SMSC

selamat datang
Assalamualaikum Wr.Wb
kali ini saya memposting tentang Pengertian Dan Fungsi BSC,MSC,SMSC Dan Komponen Lainnya


Baik kita langsung saja ke inti postingan
di bawah ini saya sudah menyusun materinya:
1.Base Transceiver Station (BTS)
         BTS berfungsi menjembatani perangkat komunikasi pengguna dengan jaringan menuju jaringan lain. BTS adalah equipment paling luar yang berhubungan langsung dengan mobile station (handphone/mobilephone). jadi BTS inilah yang menyediakan wireless access ke mobile station agan dan BTS itu bukan tower. BTS itu terdiri dari beberapa komponen dan tower tidak termasuk komponen tersebut. kalo agan lihat tower telco, biasanya ada rumah kecil (shelter) yang berada dekatnya kan? nah didalamnya terletak komponen inti BTS tsb.

Beberapa komponennya adalah:
Transceiver/Receiver. buat nerima/kirim sinyal
Power supply. ya iyalah… :-p
Combiner. supaya bisa nerima beberapa sinyal dengan menggunakan 1 antenna.
Duplexer. supaya bisa ngomong fullduplex.
Antenna. jelas dong… antenna ini yang di cantolkan ke tower.
Alarms
software things gitu deh… BTS kan bisa di flash gitu firmwarenya. kemudian fungsi ini juga menyediakan parameter untuk monitoring.
Satu cakupan pancaran BTS dapat disebut Cell
Berikut gambar BTS:



2.Base Station Controller (BSC)

       BSC adalah 
peralatan untuk mengontol BTS. BSC itu seperti otak/commander dari BTS-BTS.BSC menyediakan fungsi pengaturan pada beberapa BTS yang dikendalikannya. Dinataranya fungsi handover, konfigurasi cell site, pengaturan sumber daya radio, serta tuning power dan frekuensi pada suatu BTS. BSC merupakan simpul (konmsentrator) untuk menghubungkan dengan core network. Dalam jaringan GSM umumnya sebuah BSc dapat mengatur 70 buah BTS.
Berikut gambar BSC:


3. Mobile Switching Center (MSC)
        Mobile Switching Center (MSC) adalah merupakan titik penyampaian atau penyambungan utama untuk teknologi GSM, bertanggung jawab untuk menghandle beberapa panggilan suara dan SMS sebaik mungkin dengan layanan – layanan yang lain (seperti conference calls, FAX dan circuit switched data). MSC membangun dan merealisasikan hubungan end-to-end , mengatur pergerakan pengguna and permintaan handover selama panggilan berlangsung dan melakukan penghitungan dari biaya dan juga monitorig dari pencatatan penggunaan layanan.
MSC berfungsi melakukan fungsi switching dan bertanggung jawab untuk melakukan pengaturan panggilan, call setup, release, dan routing. MSC juga melakukan fungsi billing (terhubung ke billing system) dan sebagai gateway ke jaringan lain. VLR berisi informasi user yang bersifat dinamis yang sedang “attach” berada pada jaringan mobile, termasuk letak geografis. Biasanya VLR terintegrasi dengan MSC. Dari MSC sebuah jaringan seluler berkomunikasi dengan jaringan luar, misalnya : jaringan telepon rumah/Public Switched Telephone Network (PSTN), jaringan data Integrated Services Digital Network (ISDN), Circuit Switched Public Data Network (CSPDN), dan Packet Switched Public Data Network (PSPDN).
Berikut gambar MSC:
4. Short Message Service Center (SMSC)
        Short message service centre  adalah kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak yang bertanggung jawab memperkuat, menyimpan dan meneruskan pesan pendek antara SMS dan piranti bergerak. SMSC harus memiliki kehandalan , kapasitas pelanggan, dan throughput pesan yang tinggi. Selain itu, SMS juga harus dapat diskalakan dengan mudah untuk mengakomodasikan peningkatan permintaan SMS dalam jaringan yang ada. SMSC mentransfer pesan dalam format Point to point pada sistem yang melayani. SMSC berfungsi menerima SMS yang dikirim, menyimpannya untuk sementara, dan memforward (mengirimkan) SMS tersebut ke mobile subscriber (MS) ataupun ESME tujuan. SMSC mempunyai peran penting dalam arsitektur sms. SMSC berfungsi menyampaikan pesan sms antar Mobile Station(MS)/ HP, dan juga melakukan fungsi store-and-forwarding sms jika nomor penerima sedang tidak dapat menerima pesan. Didalam jaringanya sebuah operator dapat mempunyai lebih dari satu perangkat SMSC, sesuai besar trafik sms jaringan tersebut. SMSC dapat berkomunikasi dengan elemen lain seperti MSC, dan HLR dengan menggunakan protokol MAP. Seiring berkembangnya layanan, SMSC juga dapat berkomunikasi dengan server aplikasi menggunakan sebuah protokol yang cukup pupuler yaitu, Short Message Peer tio Peer Protocol (SMPP).
Berikut gambar SMSC:
5. Cara Kerja Jaringan SMS
       Sekali pesan dikirim, pesan tersebut akan diterima dahulu oleh SMSC yang kemudian disampaikan pada nomer tujuan. Untuk melakukan ini SMSC mengirimkan sebuah SMS request ke HLR melalui Signal Transfer Point (STP) untuk menemukan pelanggan tujuan. Saat HLR menerima pesan tersebut maka HLR akan merespon ke SMSC dengan status pelanggan berupa: 1. Inactive atau Active 2. Letak pelangan yang dimaksud (pelanggan tujuan). Jika tidak aktif maka SMSC akan meng-hold pesan tersebut sampai pada periode tertentu. Saat pelanggan menyalakan handset maka akan terjadi update location pada HLR dan HLR akan mengirim status terhadap pesan yang belum terkirim. SMSC mentransfer pesan dalam format point to point. Jika aktif akan segera terkirim. SMSC menerima verifikasi jika pesan tersebut sudah diterima oleh nomer yang dituju dan mengkategorikan pesan tersebut sebagai sebuah ”pesan terkirim” dan tidak akan melakukan percobaan pengiriman pesan lagi. Prinsip dasarnya adalah bahwa hanya ada satu Short Massage Service Center yang menerjemahkan pesan untuk dikirimkan pada sebuah jaringan GSM. SMS dapat dikirimkan dan diterima bersamaan dengan voice, data dan fax menggunakan channel yang berbeda dengan SMS. Oleh karena itu pengguna SMS jarang atau tidak pernah mendapatkan signal sibuk pada saat jaringan voice sedang sibuk, kecuali memang SMS Center tersebut memang sibuk. Berbeda kondisinya apabila jaringan sedang sibuk.
6. Nomor SMS-Center
       Header pertama ini terbagi atas tiga subheader, yaitu : - Jumlah pasangan heksadesimal SMS-Center dalam bilangan heksa. - National/International Code a. Untuk National, kode subheader-nya yaitu 81 b. Untuk International, kode subheader-nya yaitu 91 - No SMS-Centernya sendiri, dalam pasangan heksa dibalikbalik. Jika tertinggal satu angka heksa yang tidak memiliki pasangan, angka tersebut akan dipasangkan dengan huruf F didepannya. Tabel 2.2 Nomor SMSC Operator Di Indonesia No Operator SMS-Center Kode PDU 1 Satelindo 62816125 059126181652 2 Telkomsel 62811000000 07912618010000F0 3 Exelcom 62818445009 07912618485400F 4 Indosat-M3 62855000000 07912658050000F0 5 Starone 62811000000 07912618010000F0
7. Diagram Alir SMS Mobile Terminating.
A. A (misal: aplikasi) mengirim pesan ke SMSC
B. SMSC mengirimkan pesan ke SMS–GMSC.
C. SMS–GMSC menginterogasi HLR untuk informasi routing.
D. HLR membalas informasi routing ke SMS-GMSC.
E. SMS-GMSC meneruskan pesan ke MSC/VLR.
F. MS di-paging dan koneksi terbentuk antara MS dan network, sebagaimana dalam setup pangilan normal. (Dengan demikian posisi MS diketahui dan apakah MS boleh berada dalam network / proses otentikasi).
G. Jika otentikasi berhasil, MSC/VLR mengirim pesan sms tersebut ke MS. SMS dikirim melalui kanal signaling SDCCH) 8. Jika pengiriman berhasil, delivery report dikirim dari MSC/VLR ke SMSC. Namun jika tidak, MSC/VLR akan menginformasikan ke HLR, dan failure report dikirim ke SMS–C. Pada kasus pengiriman yang gagal, HLR dan VLR akan mendapat informasi “Messages waiting” yang menunjukkan ada pesan di SMSC yang menunggu untuk dikirimkan ke MS. Informasi di HLR terdiri dari list SMSC pengirim pesan, sedangkan di VLR terdapat “flag” yang menunjukkkan apakah list pesan dalam keadaan kosong atau tidak. Jika MS available dan siap menerima pesan, maka HLR akan memberitahu SMSC.
Sumber: Di kutip dari berbagai sumber

jika ada yang masih belum paham atau ada yang ingin di tanyakan
berkomentarlah dan saya akan berusaha menjawabnya

Jika kalian belum bisa berkomentar tanpa menggunakan akun baca dulu postingan saya tentang cara berkomentar di blog tanpa menggunakan akun


sekian tentang postingan saya mengenai Pengertian Dan Fungsi BSC,MSC,SMSC
terimakasih sudah mampir di blog saya ini Wassalamualaikum Wr.Wb

15 comments:

  1. Minta tolong dibantu saya dapat sms seperti yg dibawah terus apakah artinya.. Saya tidak mengerti tolong bantuannnya trimakasih.

    ......?y@@REG-RESP?v=3;r=991097655;n=+6281804422999;s=025798108AFFFFFFFF59BD7370411910120FE031F8F2F6674A7513066B

    ReplyDelete
  2. Minta tolong dibantu saya dapat sms seperti yg dibawah terus apakah artinya.. Saya tidak mengerti tolong bantuannnya trimakasih.

    ......?y@@REG-RESP?v=3;r=991097655;n=+6281804422999;s=025798108AFFFFFFFF59BD7370411910120FE031F8F2F6674A7513066B

    ReplyDelete
  3. Halo Mas, mau tanya kalau kita belanja online misal di lazada, tokopedia, bukalapak, dll. kadang dapat SMS notifikasi melalui nomor dari luar negeri? bisa tolong dijelaskan mas?

    ReplyDelete
  4. sangat bermanfaat jangan lupa kunjungi juga blog kami yg baru belajar ini terimakasih jangan lupa tinggalkan komentar juga http://freesong2lyric.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. Sangat membantu. Terima kasih

    ReplyDelete
  6. Ada hubungannya kah jaringan internet dengan yang disebut BTS itu ?

    ReplyDelete